Saturday 2 September 2017

Mainan Anak 90-an

Membahas mengenai mainan memang tidak akan ada habisnya, apalagi jika kita lihat kondisi sekarang. Anak-anak sudah sangat familiar dengan gadget, android dan barang-barang berteknologi canggih lainnya. Entah barang tersebut menjadi tren anak-anak karena orang tua jaman sekarang memiliki daya beli yang tinggi, ataukah karena memang orang tua (yang pasti lahir-hidup-besar) di era 90-an ini merasa 'kuno' jika membelikan mainan yang non hi-tech ? 

Terlepas dari asumsi-asumsi itu, mainan klasik yang sempat tenar pada masanya dulu ternyata menggunakan prinsip-prinsip gerak fisika, ada pula yang menggunakan bahan kimia berbahaya. Berikut 5 mainan yang sempat menemani anak-anak 90-an.



1. Kuda Angin 

  
Mainan ini memanfaatkan energi tekanan angin dari balon plastik kuning yang dihantarkan oleh selang dan didistribusikan ke plastik seperti alat deteksi nafas, yang akan memberikan efek gerakan pada dua kaki belakang si kuda.

2. Elang Keseimbangan


Mainan ini memanfaatkan ilmu kesetimbangan fisika. Pusat massa berada pada paruh, dimana sayap kiri dan kanan berperan sebagai penyeimbang dengan berat yang sama. Antara paruh dan kedua sayap berbentuk segitiga sama sisi.

3. Pistol Pukul

Mainan tinju ini akan memunculkan efek memanjang jika pelatuknya dipencet. Cukup mudah menerka bagaimana cara kerja mainan yang satu ini.

 4. Kapal Otok-otok



Mainan legendaris ini menggunakan sarana penggerak uap air yang bisa keluar masuk melalui knalpotnya yang terhubung dengan ketel mini didalam lambung kapal. Temperatur air yang ada di lingkungan kapal lebih rendah daripada yang ada di dalam ruang ketel mini, maka air dari dalam ketel yang sudah jadi uap karena dipanaskan mendesak ingin keluar dari ruang ketel, lalu menimbulkan gaya aksi ke air, dan reaksinya air akan mendorong si kapal berjalan.

4. Balon Pasta


Pepelendungan adalah nama keren mainan ini di tanah sunda. Benda semacam sedotan pendek berfungsi sebagai peniup, kemudian tube kecil yang berisi gel dengan bau menyengat seperti lem fox ini (katanya terbuat dari vinyl) dibuat menutupi ujung tiupan tadi. Setelah dtiup, maka balon besar bisa ditempelkan ke muka. Hahaha...

5. Pistol Kayu


Tuas dapat ditarik dan dikaitkan dibelakang, seperti senjata yang dikokang betulan. lalu 'obat bentol' yang khas berada pada kertas merah dengan bintik biji mesiu diletakkan di paku payung yg ada pada pertemuan antara tuas dengan bodi pistol kenangan ini. Pegas dari karet gelang membuat tuas beradu.

Nah, itu dia ke-5 mainan yang popouler dikalangan anak 90-an. Sebetulnya masih banyak lagi mainannya, bagi yang ingin bernostalgia ria boleh menambahkan komen tentang mainan apa saja yang pernah Anda mainkan semasa kecil dulu ? 

No comments:

Post a Comment