Thursday 26 October 2017

6 Hal Positif Ini Wajib Kamu Lakukan Selagi Muda

 
Masa muda, masa yang berapi-api..
Yang maunya menang sendiri,
Walau salah tak peduli.. Ho..ho..ho

Kutipan lagu Bung Haji Rhoma Irama tersebut berjudul Darah Muda. Ada benarnya juga, sih. Tapi masa udah salah tapi tetep gak peduli, he he..

Sahabat millennials, kini di tahun 2017 generasi kita sedang memenuhi sepertiga jumlah penduduk di tanah air. Menurut survey data sensus Indonesia di tahun 2015, dari 255 juta penduduk yang telah tercatat, 81 juta diantaranya adalah kita.
  • Kita yang lahir diantara tahun 1981 - 2000
  • Kita yang lahir pada masa TV sudah berwarna dan ber-remotre, dan internet
  • Kita yang saat ini berusia sekitar 17-37 tahun
  • Kita yang disebut generasi Millennials
Dalam usia produktif ini, ada banyak hal yang bisa kita lakukan mulai dari yang positif hingga belum positif. Setidaknya ada 6 hal yang wajib dilakukan selagi masih muda, tujuannya adalah kejayaan di masa tua.
1. Bangun network selagi muda
Saat ini banyak sekali jejaring sosial yang memungkinkan kita mengetahui dan diketahui ribuan orang diluar sana. Apakah itu yang disebut networking ? bagi sebagian orang yang telah sukses menjadi selebgram, hal itu sangat menguntungkan mereka. Namun bagi kita yang belum jadi siapa-siapa ? Segeralah bangun relasi dengan orang-orang baru yang dapat Anda temui di acara seminar, pameran, atau kegiatan lainnya yang memungkinkan Anda berkenalan dengan orang baru. Selain melatih kemampuan komunikasi, cara ini terbukti efektif memupuk rasa percaya diri, bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa mereka yang Anda ajak berkenalan akan menjadi relasi bisnis dimasa mendatang.

2. Terus pelajari hal baru
Peliharalah rasa ingin tau yang Anda miliki. Generasi kita diuntungkan dengan luasnya jaringan informasi yang bisa kita akses dimanapun dan kapanpun. Melenceng sedikit dari hobi yang biasa Anda lakukan tak apalah. Misal Anda mulai belajar membuat aplikasi android berbekal googling, coba membuat vlog, mengunggah video DIY (do it yourself), atau belajar bahasa baru menggunakan google translate dan youtube. Semua itu menyenangkan untuk mengisi waktu luang, selain itu hal tersebut bisa menjadi kebanggan Anda dimasa mendatang.

BACA JUGA :

3. Lakukan apa yang menurutmu baik dan benar

Nah, ini bukan seperti yang dalam lirik bang Haji tadi. Namun lebih kearah melakukan hal positif yang menurut keyakinan Anda itu baik dan benar. Misal, kadang kita merasa malu turun dari kendaraan untuk mengurai kemacetan di suatu perempatan. Namun jika dicoba, hal sederhana itu bisa meningkatkan kedewasaan Anda dalam bersosialisasi. Lebih dari itu, jika ada pengendara lain ada yang memvideokan aksi Anda lalu mengunggahnya di laman jejaring sosial mereka, bisa jadi Anda terkenal dalam waktu singkat. Kan ?
 
4. Catat selalu hal penting
Hanya sedikit sekali orang yang menyadari bahwa mencatat itu penting. Banyak orang yang menganggap bahwa kegiatan mencatat adalah hal yang kuno, membosankan, menyita waktu dan sebagainya. Banyak pula yang beranggapan bahwa otak kita mampu mengingat, kok, jadi tidak perlu dicatat. Salah besar. Minimal mencatat hal-hal seperti to-do-list di H-1 akan sangat membantu kita dalam mengerjakannya tanpa lupa satu pun (karena sudah dicatat, he he). Keuntungan lainnya adalah dimasa depan kita bisa kembali membaca-baca catatan tersebut dan tersenyum geli. Seperti suatu ketika Anda melihat memories di FB, kenangan tentang apa yang pernah Anda tuliskan pada status FB. Apa yang Anda rasakan ?

5. Temukan passionmu
Jangan sekali-kali menjadi orang lain. Temukan apa passion yang Anda sukai dan membawa aura positif bagi Anda. Mencari passion diri Anda tidaklah sulit. Cukup coba segala hal yang membuat Anda tertarik, susun list hobby apa saja yang pernah Anda geluti. Cermati yang manakah yang bisa lebih dimaksimalkan, terutama untuk menambah uang jajan. Misal, sedari kecil Anda suka dengan mainan Tamiya, bukan tidak mungkin Anda membuka toko online "A Moment to Remember Shop" disana Anda bisa menjual barang-barang yang pernah menjadi idola kala masih kecil. 

BACA JUGA :

6. Perbanyak liburan
Anekdot berkata bahwa "Orang yang lebih sering liburan, karirnya akan terus maju". Hal ini bukanlah isapan jempol belaka. Banyak orang yang sukses justru karena sering liburan entah itu dalam atau luar negeri. Kebanyakan dari kita berfikir harus sukses dulu baru bisa jalan-jalan, namun para pengusaha sukses justru kebalikannya. Dari seringnya jalan-jalan, mereka menemukan hal-hal baru yang bisa diposting, membangun kesan untuk orang lain yang tertarik dengan Anda dan bisa jadi itu adalah calon relasi bisnis Anda. Di sisi lain banyak yang kekeuh bahwa liburan kan butuh biaya banyak, ya memang kalau tidak direncanakan akan membuat bangkrut seketika. Namun jika disiapkan jauh-jauh hari (3-4 bulan) hal itu kemungkinan besar terwujud.

Sahabat millennials, itulah 6 hal positif yang bisa kita lakukan selagi kita masih muda. Muda bukan berarti harus diam saja untuk menunggu tua, menikmati semua fasilitas yang ada . Justru masa muda kita maknai sebagai cara untuk mempersiapkan diri pada kehidupan berikutnya : TUA. (MN)

Artikel menarik lainnya :


No comments:

Post a Comment